Lampu Indikator Mesin Aerio Selalu Menyala di 110 Km/Jam

Jakarta - Saya memiliki Suzuki Aerio tahun 2003. Saya ingin bertanya mengapa jika saya memacu mobil saya di atas kecepatan 110 km/jam lampu indikator berbentuk mesin selalu menyala. Padahal kan harusnya lampu ini hanya menyala jika mesin mati.

Jika indikator sudah menyala, lampu indikator tersebut akan mati sebentar namun kemudian menyala lagi terutama pada saat gas tidak ditekan.

Pada saat lampu indikator tersebut menyala, mesin mobil terkadang ndut-ndutan tetapi tidak terlalu sering.

Saya sudah bawa ke bengkel langganan saya dan sudah diperbaiki tetapi masalah tersebut tetap saja terjadi.

Kerusakan apa yang terjadi pada mobil saya dan bagaimana cara mengatasinya?

Terima Kasih

Alex

Jawaban:


Lampu warna kuning yang gambarnya mirip mesin itu disebut "Check Engine".

Betul sekali di mobil Suzuki lampu tersebut akan menyala ketika kunci kontak ON dan akan mati setelah mesin menyala.

Apabila lampu indator tersebut menyala di saat mesin sudah hidup atau ketika mobil jalan, maka dipastikan ada masalah di sistem komputerisasi mobil.

Masalah bisa diakibatkan dari adanya sensor-sensor yang kotor/rusak, socket sensor, ECU dll. Kalau dari kasusnya dugaan Saya sensor yang bermasalah ada di sensor CMP (Camshaft Position Sensor).

Untuk lebih memastikan harus diperiksa dengan alat "engine scanner" atau kalau bengkelnya enggak punya scanner bisa dengan cara Diadnostic Trouble Codes (DTCs).

( ddn / ddn )


no image
Item Reviewed: Lampu Indikator Mesin Aerio Selalu Menyala di 110 Km/Jam 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

habis ganti kok setiap mesin dipanasi suar
a agak ngadat

maksudnya sehabis ganti oli

harganya sekarang juga murah,cocok banget untuk yang mau mobil harga murah tahun lumayan muda

Tempat Tidur Mewah Ukir Jepara

Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!